Berita

drg. Karina Supanji, Sp.BMM

dr. Heru Sulastomo, Sp.JP.FIHA

Hari Pelanggan Nasional

Ramah Tamah dengan Pasien dan Soft Opening Pusat Informasi

Warnai Harpelnas di RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA

RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA menggelar kegiatan kunjungan kepada pasien untuk memperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang jatuh pada hari Senin, 4 September 2017 yang berbeda dari kunjungan yang rutin dilakukan sebelumnya. Biasanya kunjungan ke pasien dilakukan oleh Direksi dengan jadwal yang bergantian. Di Harplenas ini seluruh Direksi beserta staf manajemen dibawahnya menyapa kurang lebih sebanyak 200 pasien rawat inap, pasien hemodialisa (cuci darah), dan pasien kemoterapi disaat yang bersamaan. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka memberikan perhatian serta berterima kasih karena telah mempercayakan pelayanan kesehatan mereka kepada Rumah Sakit. Acara ramah tamah yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini disertai dengan pemberian bingkisan kepada pasien.

         Perhatian dan kepedulian Rumah Sakit yang dipimpin oleh manajemen yang ada di bawah kepemilikan YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA sebenarnya tidak hanya disampaikan melalui kegiatan ramah tamah kepada pasien dan keluarga saja. Melalui kegiatan rutin Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA merangkul keluarga pasien untuk memberikan informasi dan edukasi seputar kesehatan agar upaya kesehatan yang dilakukan tidak hanya berorientasi pada upaya penyembuhan (kuratif) tetapi juga upaya promotif dan preventif (pencegahan). Salah satu bentuk dukungan Rumah Sakit terhadap upaya pencegahan penyebaran infeksi adalah dengan menerapkan Kawasan Sehat atau Healthy Area. Selain itu, Rumah Sakit juga menerapkan pemisahan jalur pasien dan pengunjung yang mana termasuk penggunaan lift yang terpisah untuk orang sehat dan orang sakit (pasien).

          Tidak hanya memberikan kepedulian kepada pasien melalui kegiatan kunjungan, pelaksanaan upaya pencegahan dengan pemisahan lift dan adanya kawasan sehat, Rumah Sakit juga berupaya terus dapat memberikan perhatiannya kepada pelanggan dengan adanya pojok PUSAT INFORMASI. Pusat Informasi ini dibangun di Healthy Area Gedung Twin Towers untuk melayani pengunjung yang membutuhkan informasi tentang Rumah Sakit.

Dengan demikian, melalui momen Hari Pelanggan Nasional ini Rumah Sakit tidak hanya merangkul pasien dan keluarga saja, namun juga mengajak pengunjung untuk menjalin hubungan baik sehingga pelayanan yang paripurna dan bermutu dapat terwujud.

Yohanna Inke Florentina
Sub Seksi Humas dan Marketing
Telp. 0271 643139 ext. 227
SMS/ WhatsApp: 081 55 33 00 333
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Hidup Sehat Bebas Sakit Maag

Hidup Sehat Bebas Sakit Maag

Oleh: dr. Inge Lusiana Pekerto

Apakah Gastritis Akut/ Sakit Maag?
    Gastritis Akut atau sakit maag adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Sebutan lain sakit maag adalah dispepsia.
    Sakit maag termasuk penyakit umum di Indonesia. Menurut data yang dilakukan di beberapa pusat endoskopi di Indonesia terdapat sekitar 7000 kasus maag dengan 86,4 persen dari jumlah tersebut merupakan kondisi sakit maag yang tidak diketahui penyebabnya.
    Selain nyeri pada perut bagian atas (area antara pusar dan bawah tulang dada), gejala sakit maag bisa berupa: nyeri ulu hati atau rasa panas dan nyeri di tengah dada (kadang-kadang terasa sampai punggung dan leher) yang muncul ketika atau setelah makan , cepat merasa kenyang ketika makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan, mual, muntah, kembung pada perut bagian atas, refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan), sering bersendawa bahkan hilangnya nafsu makan.

Apa yang Menyebabkan Seseorang Terserang Maag?
    Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kerusakan lapisan pelindung lambung, antara lain adalah:

  • Makan tidak teratur atau terlalu cepat.
  • Makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak.
  • Merokok dan banyak minum kopi/ alkohol.
  • Stress yang berlebihan.
  • Infeksi bakteri helicobacter pylori.
  • Pemakaian jangka panjang atau berlebihan obat-obat pereda nyeri golongan anti inflamasi non steroid (NSAID, non-steroid anti inflammation drugs) seperti asam mefenamat, ibuprofen, atau piroksikam.
  • Stress akibat operasi besar, kecelakaan, luka bakar, atau infeksi yang parah.

Sumber gambar  : 4.bp.blogspot.com

Bagaimana Cara Mengetahui Anda Mengidap Sakit Maag?
Bila pasien didiagnosis mengidap gastritis, biasanya dilanjutkan dengan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya, pemeriksaan tersebut adalah:
•Endoskopi guna melihat adanya tanda-tanda peradangan di dalam lambung. Pemeriksaan ini terkadang dikombinasikan dengan biopsi (pengambilan sampel jaringan pada daerah yang dicurigai mengalami radang untuk selanjutnya diteliti di laboratorium). Metode biopsi juga bisa diterapkan oleh dokter untuk melihat keberadaan bakteri helicobacter pylori.  
•Pemeriksaan X-ray dan cairan barium guna melihat adanya tukak di dalam lambung.  
•Pemeriksaan tinja untuk melihat adanya pendarahan dan infeksi di dalam lambung.  
Jadi, Bagaimana Hidup Bebas dari Keluhan Sakit Maag?  
Hingga saat ini, sayangnya belum ada cara yang mudah untuk hidup sehat terbebas dari sakit maag selain memperbaiki pola hidup dan pola makan.  
Berikut ini tips-tips hidup sehat bebas sakit maag:

  1. Banyak makan makanan berserat
    Buah-buahan dan sayur lebih mudah dan lebih cepat dicerna oleh lambung sehingga membuat lambung bekerja lebih sehat. Makanan berserat juga dapat membantu proses buang air besar lebih lancar.
  2. Banyak minum air putih
    Air membantu dalam mengolah nutrisi makanan yang kita makan dan juga membantu penyerapan nutrisi kedalam tubuh. Selain itu air juga bisa melunakkan dan melancarkan pembuangan.
  3. Kurangi makanan berlemak dan berminyak
    Makanan berlemak yang berlebih menghambat proses pencernaan sehingga meningkatkan resiko terserang gejala sakit maag seperti perih, mual dan nyeri di ulu hati.
  4. Olahraga teratur.
    Olahraga pada dasarnya merangsang otot-otot kita bekerja termasuk otot perut/ pencernaan sehingga dapat mempercepat proses pencernaan dan pembuangan.
  5. Kontrol tingkat stres Anda.
    Stres dapat mendorong tubuh kita untuk berfokus ke beberapa bagian tertentu saja dan melupakan proses pencernaan dan bahkan mempercepat keluarnya asam dalam perut sehingga membuat kita merasa perih dan mulas.
  6. Berhenti merokok
    Terdapat 4000 bahan berbahaya dalam tiap batang rokok yang kita hisap. Merokok juga dapat menyebabkan peningkatan asam lambung dan tukak lambung.

Apakah Bahayanya Maag yang Tidak Tertangani?
Penderita maag harus ke dokter apabila:

  • Nyeri ulu hati cukup hebat dan tidak berkurang setelah mengonsumi antasida.
  • Muntah dan sakit perut yang melilit.
  • Nyeri semakin hebat dalam beberapa jam.
  • Terlihat lemas.

Bila tidak ditangani, maag dapat menyebabkan radang perut dan pendarahan lambung. Maag kronis juga dapat meningkatkan risiko kanker lambung, terutama jika penipisan lambung terjadi secara luas dan perubahan pada sel-sel di lapisan ini.

Bagaimana Saya Bisa Hidup Nyaman dengan Penyakit Maag?
    Berikut tips mengatur pola makan untuk penderita maag. Berbagai makanan dan minuman yang harus diperhatikan oleh penderita sakit maag, antara lain:

  1. Jika Anda sudah menderita penyakit maag maka perhatikan untuk selalu memiliki pola makan yang baik.
  2. Gunakan obat yang sudah diresepkan oleh dokter untuk menyembuhkan penyakit maag hinggga tuntas dan selalu menjaga kesehatan dengan baik.
  3. Berikan waktu yang baik untuk tubuh agar bisa beristirahat dan tidak mendapatkan tekanan atau stres yang berlebihan. Stres bisa menyebabkan penyakit maag akan lebih sering muncul sehingga membuat kondisi tubuh juga melemah.
  4. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gas seperti kol dan sawi.
  5. Hindari makanan bersifat alkali yang dapat membuat produksi asam menjadi sangat tinggi seperti jeruk, lemon, tomat, kacang almond dan alpukat.
  6. Buah yang mengandung bromelain sangat tinggi seperti nanas sehingga cenderung menyebabkan produksi asam yang berlebihan.
  7. Hindari makanan yang sulit dicerna seperti makanan berlemak, kue tart, coklat, keju.
  8. Hindari makanan yang merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang.
  9. Hindari minuman seperti kopi, minuman beralkohol, minuman bersoda, anggur putih dan sari buah sitrus.

Visitors Counter

565931
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
177
876
2918
557300
14885
21330
565931

Your IP: 54.166.150.10
Server Time: 2017-10-18 05:21:21

Guests Online

We have 11 guests and no members online